Pengertian dan Bagian Bagian Sistem Operasi

Pengertian dan Bagian Bagian Sistem Operasi

Pengertian dan Bagian Bagian Sistem Operasi

Pengertian Sistem Operasi

Membahas tentang komputer, pasti suatu komputer tersebut tidak lepas dari yang namanya sistem operasi. Namun, apakah pengertian sistem operasi itu sendiri? Pengertian sistem operasi komputer merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang mempunyai peran guna mengontrol dan melakukan manajemen pada perangkat keras atau hardware serta berbagai operasi dasar pada sistem tersebut, termasuk didalamnya menjalankan sebuah software. Tanpa adanya sistem operasi didalam sebuah komputer, pengguna tersebut tidak dapat untuk menjalankan berbagai macam program aplikasi yang ada pada komputer mereka, kecuali hanya program booting.

Dalam bahasa Inggris, kata sistem operasi disebut dengan OS atau kepanjangan dari operating system. Sistem operasi komputer ialah suatu software yang terletak pada lapisan utama dan software tersebut yang pertama kali diletakkan ke dalam memori sebuah komputer ketika komputer tersebut dihidupkan. Memori komputer yaitu harddisk.

Setelah sistem operasi suatu komputer berjalan, maka aplikasi atau software yang ada didalamnya dapat dijalankan. Sistem operasi tersebut berfungsi untuk melakukan layanan inti umum guna menjalankan aplikasi atau software yang ada didalamnya. Karena software tersebut sudah dilayani oleh sistem operasi, maka software sudah tidak perlu untuk melakukan pekerjaan inti umum. Layanan inti umum yang dimaksud tersebut antara lain : manajemen memori, user interface, memberi akses ke disk, serta menjadwalkan beberapa aplikasi pemrograman yang berjalan dengan bersamaan.

Bagian-Bagian Sistem Operasi

Pada umumnya, sistem operasi suatu komputer terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut :

      1. 1) Mekanisme Boot ialah meletakkan suatu kernel ke dalam memori.
      1. 2) Kernel yaitu suatu inti dari sistem operasi.
      1. 3) Command Interpreter atau shell memiliki tugas untuk membaca input dari pengguna.
      1. 4) Pustaka-pustaka yang bertugas untuk menyediakan fungsi-fungsi dasar serta standar yang dapat untuk dipanggil oleh software lain.

5) Driver yang berguna untuk melakukan interaksi dengan hardware-hardware eksternal lainnya dan sekaligus untuk mengontrol hardware tersebut.


Baca Artikel Lainnya: