Instagram Rilis Fitur Untuk Melindungi Remaja Dari Aksi Bully

Instagram Rilis Fitur Untuk Melindungi Remaja Dari Aksi Bully

Instagram Rilis Fitur Untuk Melindungi Remaja Dari Aksi Bully

Instagram meluncurkan fitur bernama Batasi

(atau Restrict) yang berfungsi untuk melindungi masyarakat Indonesia dari komentar dan pesan bersifat negatif di Instagram.

Dalam keterangan resminya Instagram menjelaskan bahwa bullying merupakan isu yang kompleks, dan instagram mengetahui anak remaja kerap menghadapi isu ini di dunia maya.

“Namun permasalahannya mereka kadang merasa ‘sungkan’ untuk melaporkan atau memblokir teman yang mengolok-olok mereka.”tulis Instagram.

Dan fitur batasi didesain untuk membatasi interaksi negatif di Instagram tanpa harus diketahui oleh orang tersebut.

Setelah fitur Batasi diaktifkan, komentar dari orang yang telah dibatasi

secara otomatis hanya akan bisa dilihat oleh orang tersebut.

Anda, pengikut Anda, dan orang-orang lainnya tidak bisa melihat komen tersebut. Jika pengguna merasa penasaran, Instagram tetap memberikan opsi untuk melihat isi komen tersebut dengan mengetuk pilihan “Lihat Komentar”.

Pengguna memiliki kontrol untuk menyetujui komentar tersebut untuk bisa dilihat semua orang, menghapus komentar tersebut, atau mengacuhkannya.

Tak hanya untuk komentar, fitur Batasi juga diaplikasikan di Direct Message

(DM). Saat membatasi seseorang di Instagram, pesan yang dikirim oleh orang tersebut akan secara otomatis berpindah ke Message Request, dan saat membaca pesan dari mereka, tidak akan ada tulisan “Seen” seperti pada biasanya.

Pengguna yang telah dibatasi juga tidak bisa melihat kapan Anda aktif di Instagram (“Active now”) dan Anda tidak akan menerima notifikasi untuk interaksi dari akun-akun yang telah Anda batasi.

 

Baca Juga :