Disdik Kota Bekasi Gelar OSN Tingkat SD dan SMP

Disdik Kota Bekasi Gelar OSN Tingkat SD dan SMP

Disdik Kota Bekasi Gelar OSN Tingkat SD dan SMP

Bersamaan Hari Jadi Kota Bekasi ke-21 tahun, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi membuka gelaran Olimpiade Saint Nasional (OSN) tingkat SD dan SMP di SMPN 4 Kota Bekasi, Sabtu (24/3/2018).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kota Bekasi UU Saiful Mikdar menjelaskan

, kegiatan OSN diikuti 100 SMP negeri dan swasta Kota Bekasi untuk melombakan mata pelajaran IPS, IPA dan Matematika.

“Dari 100 sekolah yang mengikuti OSN 40, di antaranya dari negeri dan 60 dari swasta. Setiap sekolah mengirimkan tiga siswa, sehingga peserta dari SMP berjumlah 300 orang. Sementara untuk tingkat sekolah dasar (SD) setiap kecamatan mengirimkan enam siswa yang sebelumnya sudah melalui seleksi di tingkat sekolah kecamatan dan saat ini di tingkat kota,” jelas UU.

Menurutnya, hasil dari OSN tingkat Kota Bekasi nanti akan dikirim ke olimpiade tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

“Ini adalah ajang tahunan yang rutin dilakukan Disdik untuk memicu prestasi dan kompetensi siswa dalam pelajaran. Dan juga sarana pengembangan tingkat kemampuan siswa SD dan SMP di bidang saint, baik dalam bentuk pemahaman maupun analisa dan praktik sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan,” kata Kadisdik Kota Bekasi Ali Fauzie kepada Reaksi.

Fauzie menyampaikan, ada tiga kriteria dasar yang harus dipersiapkan generasi 20 hingga 45 tahun ke depan,

pertama generasi yang sadar dan paham bahwa kita merupakan mahluk ciptaan Tuhan.

“Kedua, harus memiliki tradisi budaya keilmuan yang memadai. Tanpa tradisi itu, maka hampir dipastikan negara ini tidak akan maju. Karena, modal yang palung besar dalam menghantarkan bangsa ini adalah tradisi budaya dan ilmu,” ucapnya.

Dan yang ketiga, kata dia, adalah generasi yang cinta dan bangga terhadap Tanah Air dan tidak cukup hanya cinta, tapi harus bangga memiliki bangsa yang memiliki Bhineka Tunggal Ika.

Fauzie menyebutkan, Disdik Kota Bekasi selalu berusaha memberikan kontribusi kepada masyarakat, d

alam hal ini Disdik berkomitmen mencetak siswa berprestasi dan berdaya saing tinggi dan berkualitas di setiap bidangnya, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Dinas Pendidikan kini fokus kepada pembinaan siswa dan menciptakan tenaga pengajar yang terampil dan professional. Karena, dari tahun ke tahun penyelenggaraan OSN telah berkembang menjadi sarana terbaik dalam mencari tunas-tunas bangsa yang berprestasi di berbagai kompetisi saint hingga level internasional,” ucap Fauzie

 

Sumber :

https://www.kakakpintar.id/