Dikpora Gelar Bimtek Ekstrakurikuler Gerakan Pramuka SD

Dikpora Gelar Bimtek Ekstrakurikuler Gerakan Pramuka SD

Dikpora Gelar Bimtek Ekstrakurikuler Gerakan Pramuka SD

Ekstrakurikuler kepramukaan di Sekolah Dasar (SD) merupakan sistem pendidikan

non formal atau pendidikan luar sekolah yang terorganisasi sebagai kegiatan ektrakurikuler memiliki tujuan pendidikan tertentu dan jelas.

Penegasan ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Provinsi Maluku Drs. M. Saleh Thio, M.Si dihadapan 110 peserta yang mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Ekstrakurikuler Pramuka SD tingkat kabupaten/kota se-Maluku, yang berlangsung diaula Dinas Dikpora Maluku Senin (29/9/2014).

Dikemukakan, Gerakan Pramuka adalah pendidikan yang bersifat nonpolitik untuk kaum muda dengan dukungan dan bimbingan anggota dewasa yang bersifat terbuka untuk semua tanpa membeda-bedakan asal usul, ras, suku dan agama sesuai dengan tujuan asas-asas metode yang dianut gerakan pramuka.

Untuk itu dalam implementasinya telah disepakati antara Kementerian Pendidikan

dan Kebudayaan dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka agar Gugus Depan Gerakan Pramuka diselenggarakan dan berpangkalan disatuan pendidikan.

Sejalan dengan itu Permen Dikbud Nomor 81 A tahun 2013 tentang implementasi kurikulum 2013 mengamanatkan, pelaksanaan kurikulum 2013 didukung dengan ekstrakurikuler wajib dalam bentuk kegiatan kepramukaan bagi peserta didik di SD dan Sekolah Menengah.

Disisi lain defenisi Gerakan Pramuka adalah suatu gerakan pendidikan

yang bukan hanya proses memperolah pengetahuan dan ketrampilan tertentu tetapi sejalan dengan Komisi Internasional tentang pendidikan untuk abad ke 21 yang menyatakan, pendidikan meliputi mengembangan kemampuan berpikir, belajar mengetahui, proses memperoleh pengetahuan dan ketrampilan, pengembangan karakter, serta pengembangan sikap dan prilaku,ā€¯ungkap Thio.

Ketua panitia Dahlan Soulissa, S.Sos. M.Si melaporkan, pelkasanaan Bimtek Gerakan Pramuka ini atas dasar Permendikbud Nomor 81 A, 2013, serta nota kesepahaman, Kemendikbud dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 17/KB/2013, serta RKAKL Dinas Dikpora Provinsi Maluku, kegiatan penjaminan kepastian layanan pendidikan SD, dengan hasil yang dicapai terbina tim Pembina Bimtek pembinaan gugus depan yang berpangkalan di SD, meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan, mengelola ekstrakurikuler, sert berkembangnya sikap mental Pembina pramuka gugus depan yang berada di SD dalam mengelola latihan pramuka.

Peserta yang mengikuti Bimtek Ekstrakurikuler Pramuka SD sebanyak 110 orang berasal dari 11 kabupaten/kota di Maluku, dengan biaya pelaksanaan dibebankan pada DPA SKPD Dinas Dikpora tahun 2014.(TM04)

 

Baca Juga :